PERAN AKUNTAN DALAM ORGANISASI

BAB I

PERAN AKUNTAN DALAM ORGANISASI

Akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, dan akuntansi biaya

Akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan mempunyai tujuan yang berbeda.Akuntansi manajemen mengukur dan melaporkan informasi keuangan dan non keuanganyang membantu manajer membuat keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Akuntansi keuangan berfokus pada pelaporan pada pihak eksternal. Akuntansi keuangan mencatat transaksi-transaksi bisnis dan menyajikan laporan keuangan yang disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansiyang diterima umum. Manajemen bertanggungjawab atas laporan keuangan yang disajikan bagi investor, pemerintah, serta pihak-pihak di luar organisasi perusahaan yang lain.

Akuntansi biaya menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang terkait dengan biaya perolehan atau pemanfaatan sumberdaya dalam suatu organisasi.

Laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, serta perubahan arus kas sering disajikan baik dalam akuntansi manajemen maupun pada akuntansi keuangan

Akuntansi Biaya dan Sistem Akuntansi

Kita menggunakan istilah manajemen biaya untuk menggambarkan pendekatan serta aktivitas manajer dalam membuat keputusan-keputusan perencanaan dan pengendalian jangka pendek dan jangka panjang yang akan meningkatkan nilai bagi konsumen dan yang akan menurunkan biaya produksi barang dan jasa.

Manajemen biaya memiliki focus yang luas. Perencanaan dan pengendalian biaya biasanya tidak dapat dipisahkan dari rencana pendapatan dan laba.

Manajemen biaya tidak diterapkan terisolir. Manajemen biaya merupakan bagian integral dari strategi manajemen dan penerapannya.

Keputusan Strategis Dan Akuntansi Manajemen

Perusahaan menciptakan laba dengan cara menarik konsumen agar bersedia membayar atas barang dan jasa yang dihasilkan.Kunci sukses perusahaan adalah menciptakan nilai bagi konsumen sembari membedakan produknya dari produk pesaingnya.

Pengembangan Strategi

Strategi menjelaskan bagaimana organisasi menyelaraskan kapabilitasnya dengan kesempatan yang terbuka di pasar untuk mencapai tujuannya.Dengan kata lain strategi menjelaskan bagaimana perusahaan akan bersaing serta kesempatan-kesempatan yang harus dicari dan direbut oleh karyawannya.

Membuat keputusan diantara strategi ini merupakan bagian terpenting dari tugas manajer. Akuntan manajemen bekerja keras dengan manajer dalam perumusan strategi dengan cara menyediakan informasi tentang sumberdaya saing perusahaan. Manajemen strategis seringkali digunakan untuk menggambarkan manajemen biaya yang secara khusus berfokus pada isu-isu strategis seperti ini.

Membangun Sumber daya dan Kapabilitas

Manajer harus menyelaraskan pengetahuan mereka tentang kesempatan dan ancaman yang terdapat di pasar dengan sumberdaya dan kapabilitas perusahaan.

Aktiva lancar adalah kas serta aktiva lain yang biasanya akan menjadi kasa dalam waktu kurang dari satu tahun. Aktiva lancar meliputi kas, piutang, dan persediaan.

Aktiva produktif jangka panjang adalah aktiva yang dipegang perusahaan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun dan digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa bagi pelanggan.Aktiva produksi meliputi gedung, peralatan manufaktur, komputer serta infrastruktur informasi dan tekhnologi seperti perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam otomatisasi produksi dan yang memungkinkan pemasar mengakses data perusahaan sambil menemui pelanggan.

Aktiva tidak berwujud ,diantara aktiva jenis ini adalah hak paten dan merek dagang. Kadangkala perusahaan memiliki aktiva tidak berwujud lain yang tidak dapat dilaporkan sebagai aktiva di neraca karena manfaatnya dimasa akan datang tidak dapat diukur dengan mudah.

Peran Akuntan Manajemen Dalam Implementasi Strategi

Manajer mengiplementasikan strategi dengan menterjemahkannya menjadi tindakan nyata. Manajer melakukan ini dengan memanfaatkan system perencanaan dan system pengendalian yang dirancang untuk membantu keputusan kolektif di seluruh bagian organisasi.

Perencanaan terdiri atas (a)pemilihan tujuan organisasi, memprediksi hasilnya dengan cara penyampaian tujuan yang berbeda, memutuskan bagaimana cara mencapai hasil yang diinginkan, (b) mengkomunikasikan tujuan serta cara bagaimana mencapai tujuan tersebut kepada seluruh bagian dalam organisasi.

Satu perncanaan yang popular adalah penganggaran (budget). Anggaran adalah gambaran kuantitatif rencana tindakan yang diusulkan manajemen dan merupakan alat untuk mengkoordinasikan apa yang harus dilakukan dalam implementasirencana tersebut.

Pengendalian terdiri atas (a) tindakan yang merupakan implementasi keputusan perencanaan dan (b)membuat keputusan bagaimana menilai kinerja serta umpan balik yang perlu disajikan untuk membantu pengambilan keputusan di masa depan.

Peran Dalam Pemecahan Masalah,Pemeliharaan Catatan Skor, dan Pengarahan Perhatian

Akuntan manajemen membantu pengambilan keputusan perusahaan tentang strategi melalui :

a. Pemecahan masalah

Analisi komparatif untuk pengambilan keputusan. Dari beberapa alternatif yang tersdia diambil yang terbaik.

b. Pemeliharaan catatan skor

Pengumpulan data dan pelaporan hasilnya kepada seluruh tingkat manajemen memberi gambaran bagaimana organisasi dijalankan.

c. Pengarahan Perhatian

Membantu manajer berfokus pada kesempatan dan masalah.

Meningkatkan Nilai Sistem Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen membantu manajer agar focus pada keempat topik tersebut :

  1. Fokus konsumen

Sejumlah besar  dan semakin banyak perusahaan yang menetapkan dirinya sebagai organisasi yang “dikendalikan konsumen”

  1. Analisis rantai nilai dan rantai pasokan

Rantai nilai adalah rangkaian fungsi bisnis dimana manfaat ditambahkan atas produk dan jasa perusahaan. Istilah nilai diartikan sebagai peningkatan pemanfaatan produk dan jasa sehingga memberi tambahan nilai bagi konsumen.

  1. Faktor penentu keberhasilan

Konsumen mengharuskan perusahaan menggunakan rantai nilai dan rantai pasokan untuk menghasilkan tingkat kinerja yang terus menerus meningkat pada sebagian yang berikut ini :

  1. Biaya dan Efisiensi
  2. Mutu (Quality)
  3. Waktu (Time)
  4. Inovasi
  1. Perbaikan terus menerus dan penetapan tolak ukur

Perbaikan terus menerus yang dilakukan pesaing menciptakan pencarian tingkat kinerja lebih tinggi yang tidak pernah berhenti untuk memuaskan konsumen.

Panduan Penting Akuntansi Manajemen

Terdapat tiga panduan penting yang membantu akuntan manajemen menyediakan nilai terbesar dalam pemecahan masalah, pemeliharaan catatan skor, dan pengarah perhatian yaitu :

  1. Pendekatan Biaya Manfaat (Cost Benefit Approach)

Akuntan manajemen terus menerus menghadapi keputusan terkait dengan alokasi sumberdaya seperti apakah akan membeli suatu paket perangkat lunak baru atau mempekerjakan karyawan baru. Pendekatan biaya manfaat harus digunakan untuk membuat keputusan berikut: Sumberdaya hanya boleh dikeluarkan jika diperkirakan akan mampu mencapai tujuan perusahaan dengan lebih baik dibandingkan perkiraan biaya dari sumberdaya tersebut. Pendekatan biaya manfaat sangat berguna dalam keputusan pengalokasian sumberdaya.

  1. Pertimbangan Perilaku Dan Teknis

Sistem akuntansi manajemen seharusnya memiliki dua misi simultan dalam menyediakan informasi (a) untuk membantu manajer membuat keputusan ekonomi yang bijaksana dan (b) untuk memotivasi manajer serta karyawan lainnya untuk mencapai dan bertahan pada tujuan organisasi.

  1. Biaya Berbeda Untuk Tujuan Berbeda

Terdapat banyak pihak eksternal dan internal yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan. Suatu metode akuntansi yang spesifik tidak akan menjadi metode yang lebih memilih metode akuntansi A untuk satu keputusan dan metode akuntansi B untuk keputusan yang lain.

Struktur Organisasi Dan Manajemen Akuntan

Hubungan Lini dan Staf

Kebanyakan organisasi membedakan antara manajem lini dengan manajemen staf. Manajemen lini seperti manajemen produksi,pemasaran dan distribusi secara langsung bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi.

Chief Financial Officer dan Pengendali (Controller)

CFO kadangkala disebut direktur keuangan pada sebagian perusahaan adalah eksekutif yang bertanggungjawab atas seluruh kegiatan keuangan suatu organisasi. Tanggungjawab CFO meliputi :

  1. Pengendalian meliputi penyediaan informasi keuangan untuk dilaporkan kepada manajer dan kepala pemegang saham serta mengawasi seluruh aktivitas dalam system akuntansi.
  2. Treasury meliputi aktivitas yang terkait dengan perbankan dan pendanaan jangka pendek dan jangka panjang, investasi serta manajemen kas.
  3. Manajemen risiko (risk management) meliputi pengelolahan risiko tingkat bunga dan nilai tukar serta manajemen derivatif.
  4. Perpajakan (taxation) maliputi pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan perencanaan pajak internasional.
  5. Audit internal (internal audit) meliputi penelaahan dan analisis catatan keuangan dan catatan lain untuk menjamin integritas laporan keuangan perusahaan dan untuk memastikannya mematuhi kebijakan dan prosedur.

Etika Profesional

Akuntan memiliki tanggungjawab etika tertentu terkait dengan tanggungjawab mereka atas integritas informasi keuangan yang disajikan kepada pihak internal dan eksternal.Sejauh ini akuntan tetap mendapatkan peringkat tinggi dalam hal etika dibandingkan profesi-profesi lainnya.

BAB II

PENGENALAN ISTILAH DAN TUJUAN BIAYA

Terminologi Biaya-biaya (costs) dan biaya (cost)

Objek biaya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang biayanya bisa diukur.

Akumulasi biaya adalah kumpulan data biaya yang diorganisasi dngan sejumlah cara yang menggunakan sarana berupa system akuntansi.

Pembebanan biaya adalah istilah umum yang terdiri atas (1)Menelusuri akumulasi biaya yang mempunyai hubungan langsung dengan objek biaya (2) mengalokasikan akumulasi biaya yang mempunyai hubungan tidak langsung dengan objek biaya.

Biaya Langsung Dan Biaya Tidak Langsung

Penelusuran (pelacakan ) Biaya dan Alokasi Biaya

  • Biaya langsung suatu objek biaya terkait dengan suatu objek biaya dan dapat dilacak ke objek biaya tertentu dengan cara yang layak secara ekonomi
  • Biaya tidak langsung suatu objek biaya berkaitan dengan suatu objek biaya namun tidak dapat dilacak ke objek biaya tertentu dengan cara yang layak secara ekonomis.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Klasifikasi Biaya Langsung atau Tidak        Langsung

Factor yang mempengaruhi klasifikasi biaya langsung atau tidak langsung :

  1. Materialitas suatu biaya

Semakin besar nilai suatu biaya semakin besar kemungkinan biaya tersebut dapat dilacak secara ekonomis ke objek biaya tertentu.

  1. Ketersediaan teknologi pencarian informasi

Perkembangan teknologi pencarian informasi memungkinkan perusahaan mengelompokkan semakin banyak biaya sebagai biaya langsung.

  1. Desain operasi

Mengelompokkan biaya sebagai biaya langsung akan mudah jika fasilitas perusahaan digunakan secara eksklusif hanya untuk objek biaya yang spesifik seperti produk tertentu atau konsumen tertentu.

Pola Perilaku Biaya  : Biaya Variabel Dan Biaya Tetap

Biaya variable secara total berubah proporsional mengikuti perubahan tingkat aktivitas atau volume yang terkait.

Biaya tetap tidak akan berubah secara total untuk jangka waktu tertentu, sekalipun terjadi perubahan yang besar atas tingkat aktivitas atu volume terkait.

Pemicu Biaya  (Cost Driver)

Pemicu biaya adalah suatu variable seperti tingkat aktivitas atau volume yang menjadi dasar timbulnya biaya dalam rentang waktu tertentu.Dengan kata lain terdapat hubungan antara perubahan tingkat aktivitas atau volume dengan perubahan tingkat biaya total.

Rentang Relevan (Relevant Range)

Rentang relevan adalah suatu rentang tingkat aktivitas atau volume normal dimana terdapat hubungan spesifik antara tingkat aktifitas atau volume dengan biaya yang dibahas.

Biaya Total Dan Biaya Per Unit

Biaya Per Unit Dan Biaya Rata-Rata

Sistem akuntansi secara khas melaporkan baik angka biaya total maupun angka biaya rata-rata. Biaya per unit yang juga disebut biaya rata-rata dihitung dengan membagi angka biaya total dengan jumlah unit.

Menggunakan Biaya Per Unit dengan Hati-hati

Biaya per unit digunakan pada laporan keuangan secara reguler. Namun untuk banyak keputusan, manajer harus lebih mempertimbangkan biaya total dibandingkan dengan biaya per unit.

Perusahaan Sektor Manufaktur, Perdagangan Dan Jasa

  • Perusahaan sector manufaktur adalah membeli bahan baku serta komponen mengubahnya menjadi barang jadi.Contoh perusahaan tekstil.
  • Perusahaan sector perdagangan adalah membeli dan kemudian menjual produk berwujud tanpa melakukan perubahan bentuk dasarnaya.
  • Perusahaan sector jasa adalah menyediakan jasa atau produk tidak berwujud. Contoh nasehat hokum audit bagi konsumennya.

Laporan Keuangan, Biaya Persediaan, Dan Biaya Periodik

Jenis-jenis persediaan :

  1. Persediaan bahan baku langsung. Bahan langsung adalah persediaan yang akan digunakan dalam proses manufaktur. Contoh: Komponen-komponen yang di butuhkan dalam membuat telepon seluler.
  2. Persediaan dalam proses. Barang-barang setengah dikerjakan tetapi belum sepenuhnya selesai
  3. Persediaan barang jadi. Barang sepenuhnya telah selesai diproduksi tetapi belum dijual.

Klasifikasi Biaya Manufaktur yang umum digunakan

  1. Biaya bahan baku langsung adalah biaya perolehan seluruh bahan baku yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari objek biaya dan yang dapat dilacak ke objek biaya dengan cara ekonomis.
  2. Biaya tenaga kerja manufaktur langsung yang meliputi kompensasi atas seluruh tenaga kerja manufaktur yang dapat dilacak ke objek biaya dengan cara ekonomis.
  3. Sistem manufaktur tidak langsung adalah seluruh biaya manufaktur yang terkait dengan objek biaya namun tidak dapat dilacak ke objek biaya secara ekonomis.

Biaya yang biasa masuk ke persediaan

Biaya yang bisa masuk ke persediaan adalah seluruh biaya yang diperlukan sebagai aktiva ketika terjadi dan selanjutnya menjadi harga pokok penjualan ketika produk itu dijual.Untuk perusahaan sector manufaktur,seluruh biaya manufaktur merupakan biaya yang dapat dimasukkan sebagai persediaan atau biaya persediaan.

Biaya Periodik

Biaya periodic adalah seluruh biaya pada laporan laba rugi selin harga pokok penjualan.

Biaya Utama dan Biaya Konversi

Biaya utama adalah seluruh biaya manufaktur langsung. Biaya konversi adalah seluruh biaya manufaktur selain biaya bahan baku langsung.Beberapa perusahaan manufaktur menggunakan biaya konversi untuk menyederhanakan perhitunga. Mereka hanya menggunakan dua klasifikasi biaya bahan baku langsung dan biaya konversi.

Pengukuran Biaya Membutuhkan Pertimbangan

Pengukuran biaya membutuhkan pertimbangan hal ini disebabkan ada banyak cara untuk mendefinisikan dan mengelompokkan biaya.

Pengukuran Biaya Tenaga Kerja

Sebagian perusahaan mempunyai kategori pengelompokan biaya tenaga kerja manufaktur :

  • Biaya tenaga kerja manufaktur langsung
  • Biaya manufaktur tidak langsung atau overhead. Contoh:
    • Ø Tenaga kerja tidak langsung
    • Ø Operator truk forklift
    • Ø Pesuruh pabrik
    • Ø Satpam pabrik
    • Ø Tenaga kerja pekerjaan ulang
    • Ø Waktu menganggur
  • Gaji manajer, kepala departement
  • Tunjangan karyawan

Premi Lembur

Tujuan pengelompokan biaya secara terinci adalah untuk mengaitkan setiap biaya dengan alasan atau sebab spesifik yang menyebabkannya terjadi.Contoh George Flexner melakukan perbaikan rumah untuk Sears Appliace Service. Flexner di bayar $20 per jam untuk waktu reguler dan $30 per jam untuk lembur. Premi adalah $10 per jam. Jika Flexner bekerja 44 jam termasuk 4 jam lembur dalam satu minggu, kompensasi kotornya akan dikelompokkkan ebagai berikut:

Jasa tenaga kerja langsung : 44 jam x $20 per jam                           $880

Premi lembur : 4 jam x $10 per jam                                                      40

______

Kompensasi total untuk 44 jam kerja                                                $84

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: