Melindungi Pasar, Keuntunan dan Penjualan

Melindungi Pasar, Keuntunan dan Penjualan.

Melindungi pasar domestik. Sering kali sebuah perusahaan akan pergi ke luar negeri untuk melindungi pasar dalam negerinya.

  1. 1. mengikuti pelanggan ke luar negeri

perusahaan-perusahaan jasa, akan mendirikan operasi-operasi luar negerinya di pasar-pasar dimana langganan-langganan utama mereka berada, untuk mencegah para pesaing memperoleh askes kepada pelanggan itu.

  1. 2. Menyerang Pasar Dalam Negeri Pesaing

Adakalanya sebuah perusahaan akan mendirikan operasi di negara asal pesaing utamanya dengan gagasan  tetap mendudukinya dengan mempertahankannya pasar itu, sehingga akan lebih sedikit energi untuk bersaing di negara asal perusahaan yang pertama.

  1. 3. Mengunakan produksi luar negeri untuk menekan biaya.

Sebuah perusahaan juga mungkin pergi ke luar negeri untuk melindungi pasar dalam negeri ketika ia menghadapi persaingan dari barang-barang impor luar negeri yang rendah haganya.

  1. 4. Menggunakan produksi luar negeri untuk menekan biaya

Sebuah perusahaan juga mungkin pergi ke luar negeri untuk melindungi pasar dalam negeri ketika ia menghadapi persaingan dari barang-barang impor luar negeri yang rendah harganya.

  1. 5. Segitiga pertumbuhan

Zona ekonomi transisional yang tersebar di kawasan2 berdekatan yang secara geografis besar, meliputi tiga atau lebih negara, dimana perbedaan dalam faktor pendukung dieksploitasi untuk meningkatkan perdagangan dan investasi eksternal.

  1. 6. Kekurangan Valuta Asing

Salah satu diantara tanda-tanda pertama adalah penundaan pembayaran oleh para importir. Para importir itu mungkin memiliki alat pembayaran lokal yang cukup, tapi mungkin mengalami kendala dalam pembelian mata uang asing di bank sentral pemerintah.

  1. 7. Produksi Lokal oleh para pesaing

Sementara sebuah perusahan bisa menikmati usaha ekspor yang sedang tumbuh dan pembayaran yang segera, ia mungkin masih memaksakan untuk membangun sebuah pabrik di pasar itu. Mungkin saja pesaingnya juga telah memperingatkan volume ekspor mereka akan mendukung produksi lokal.

  1. 8. Pasar Hilir.

Sejumlah negara OPEC telah menanamkan modal dalam penyulingan dan outlet pemasaran, seperti pom-pom bensin dan distributor minyak pemanas, untuk menjamin pasar bagi minyak mentah merekadengn harga yang lebih mengntungan.

  1. 9. Proteksionisme

Apabila sebuah pemerntah melihat industri lokal terancam oleh impor, ia mungkin memasang hambatan-hambatan impor untuk menghentikan atau menguranginya.

10. Jaminan Pasokan bahan mentah

Beberapa negara maju memiliki pasokan bahan mentah domestik yang cukup. Jepang, dan eropa hampir seluruhnya bergantung pada sumber-sumber luar negeri, bahkan Amerika Serikat bergantung pada impor untuk memenuhi lebih dari separuh kebutuhannya.

11. Megambil alih teknologi dan pengetahuan manajemen

Sebuah alasan yang sering kali dikatakan oleh perusahaan asing untuk menginvestasikan modal di USA adalah akuisisi teknologi dan pengetahuan manajemen.

12. Diversivikasi Geografis

Banyak manajemen telah memilih diversivikasi geografis sebagai alat mepertahankan penjualan dan penerimaan yang stabil ketika perekonomian domestik merka mengalami kemerosotan.

13. Memuaskan keinginan manajemen untuk melakukan ekspansi

Pertumbuhan yang lebih cepat dikemukakan di atas membantu memenuhi keinginan manajemen untuk melakukan ekspansi. Para pemegang saham dan analis keuangan juga mengharapkan perusahaa-perusahaan. Yang beroperasi hanya di pasar domestik ,menemukan semakin sulit untuk memenuhi harapan itu.

Bagaimana Memasuki Pasar-Pasar Luar Negeri

  1. Mengekspor

Kebanyakan perusahaan memulai keterlibatannya dalam bisnis luar negeri dengan mengeksor, yaitu menjual beberapa produksi reguler mereka di luar negeri. Metode ini memerlukan sedikit investasi dan relatif bebas resiko. 2 macam ekspor yaitu mengekspor langsung dan mengekspor tidak langsung. Mengekspor tidak langsung lebih sederhana daripada mengekspor langsung karena mengekspor langsung meerlukan lebih banyak keahlian khusus maupun penanaman uang tunai yang besar.

Mengekspor langsung adalah mengekspor barang-barang dan jasa-jasa oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksinya.

Mengekspor tidak langsung adalah mengekspor barang – barang dan jasa-jasa melalui berbagai jenis eksportir yang berbasis di dalam negeri.

Pemanufakturan di luar negeri.

Alternatif untuk terlibat dalam pemanukfaturan i luar negeri :

  1. Cabang yang dimiliki secara keseluruhan

Perusahaan yang ingin segera memiliki cabang di duar negeri bisa :

    1. memulai dari tanah sampai membangun pabrik baru.
    2. mengambil alih sebuah perusahaan yang sedang berjaan.
    3. membeli distribusitornya, yang berarti memperoleh jaringan distribusi yang akrab dengan produknya.
  1. Usaha patungan

Adalah usaha kerjasama antara dua atau lebih organisasi yang berbagi kepentingan bersama dalam usaha atau kegiatan bisis.

Usaha patungan dapat berupa :

    1. badan usaha yang dibentuk oleh perusahaan internasional dan para pemilik lokal.
    2. badan usaha yang dibentuk oleh dua perusahaan internasional untuk tujuan melakukn bisnis di pasar ketiga.
    3. badan usaha yang dibentuk oleh badan pemerintah dan sebuah perusahaan internasional.
    4. kerjasama yang dilakukan antara dua atau lebih perusahaan dalam proyek yang lamanya terbatas.
  1. Pemberian Lisensi

Adalah perjanjian kontraktual dimana sebuah perusahaan memberikan akses kepada hak paten., rahasia dagang atau teknologinya kepada perusahaan lain dengan mendapat bayaran.

Dengan mengunakan perjanjian pemberian lisensi, sebuah perusahaan lisensor akan memberikan kepada perusahan lain hak untuk menggunakan suatu jenis keahlian, seperti proses pemanufakturan, prosedur pemasartan, merek-merek dagang untu satu atau lebih produk-produk lisensor.

  1. Waralaba

Adalah suatu bentuk pemberian lisensi di mana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk mengoperasikan jens usaha tertentu dibawah nama yang dibentuk sesuai dengan aturan-aturan tertentu.

Waralaba mengizinkan penerima perjanjia untuk menjual produk-produk atau jasa-jasa yang menggunakan merek yang telah dipublikasikan secara luas dan seperngkat prosedur yang telah terbukti baik dengan strategi pemasaran yang telah dikembangkan dan dikendalikan dengan seksama.

  1. Pemanufakturan Kontrak

Adalah kontrak perjanjian dimana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk memproduksi produk-produk sesuai dengan spesifiasi teapi menerima tanggung jawab pemasaran.

Ada 2 cara pemanufakturan kontrak.

  1. sebagai alat memasuki pasar luar negeri tana menanamkan modal dalam fasilitas pabrik. Kontrak-kontrak perusahaan dengan pabrik lokal untuk memproduksi produk yang diinginkan.
  2. memberikan sub kontarak pekerjaan penarikan atau produksi suku cadang kepada perusahaan independen di luar negeri. Meskipun perusahaan internasional tidak memiliki kekayaan dalam sub kontraktor itu, praktik ini bukan merupakan investasi langsung luar negeri.

BUAT SLIDE :

Melindungi Pasar, Keuntunan dan Penjualan.

Artinya Melindungi pasar domestik. Sering kali sebuah perusahaan akan pergi ke luar negeri untuk melindungi pasar dalam negerinya.

Caranya :

  1. 1. mengikuti pelanggan ke luar negeri
  2. 2. Menyerang Pasar Dalam Negeri Pesaing
  3. 3. Mengunakan produksi luar negeri untuk menekan biaya.
  4. 4. Menggunakan produksi luar negeri untuk menekan biaya
  5. 5. Segitiga pertumbuhan
  6. 6. Kekurangan Valuta Asing
  7. 7. produksi Lokal oleh para pesaing
  8. 8. Pasar Hilir.
  9. 9. Proteksionisme

10. Jaminan Pasokan bahan mentah

11. Megambil alih teknologi dan pengetahuan manajemen

12. Diversivikasi Geografis

13. Memuaskan keinginan manajemen untuk melakukan ekspansi

Bagaimana Memasuki Pasar-Pasar Luar Negeri :

  1. Mengekspor
    1. Mengekspor langsung
    2. Mengekspor tidak langsung
  1. Pemanufakturan di luar negeri.

  1. a. Cabang yang dimiliki secara keseluruhan
  2. b. Usaha patungan
  3. c. Pemberian Lisensi
  4. d. Waralaba
  5. e. Pemanufakturan Kontrak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: