KEKUATAN POLITIK

KEKUATAN POLITIK

Faktor Stabilitas dan hasrat pemerintah dalam mendorong pertumbuhan investasi, juga perkiraan geografis dan sumber alam sangat diperhitungkan dalam dunia bisnis. Sebaliknya, di beberapa negara di belahan dunia yang dikarunai sumber daya alam yang melimpah dan topografi yang mendukung, sangat sedikt yang dapat dimanfaatkan karana tidak adanya stabilitas pemerintah.adakalanya pemerintah negara lain enggan menerima orang asing yang akan melakukan investasi di negerinya meskipun dapat menyediakan modal, alih teknologi, pendidikan yang sangat diperlukan untuk pengembangan sumber daya manusia dan sumber alam.

Kekuatan Idiologi

  1. Komunisme

Adalah teori perubahan sosial yang diarahkan kepada cita-cita masyarakat tanpa kelas. Dicetuskan oleh Karl Mark dan dikembangkan oleh Lenin dan tokoh lainnya dalam meliatkan penguasaan kekuatan melalui partai politik konspirasi, memelihara kekuatan dengan menekan keras oposisi internal dan komitmen untuk mencapai tujuan akhir sebuah negara kominis dunia.

    1. Pemerintahan Komunis mengambil alih Negara yang dulunya bukan Komunis.
    2. Konpensasi Kekayaan Ekspatriat.
    3. Penghapusan dan Penyitaan.
  1. Kapitalisme

Adalah sistem ekonomi dimana alat-alat produksi dan distribusi sebagian besar dimiliki dan dioperasikan oleh swasta untuk kepentingan pribadi.

Realitas adalam negara-negara kapitalis benar-benar sangat kompleks. Pemerintah kapitalis biasanya mengatur usaha milik swasta dengan cukup ketat dan pemerintah memiliki badan-badan usaha sendiri.

  1. Sosialisme

Sadalah kepemilikan oleh masyarakat secara kolektif atas alat-alat produksi dan distribusi dasar, dioperasikan untuk digunakan daripada mencari laba.

Dalam pelaksanaanya, pemerintah sosialis bervariasi dan cenderung tidak konsisten dengan doktrin.

  1. Konservatif atau liberal

Konservatif dapat dikatakan seorang, kelompok, atau partai yang ingin meminimalkan kegiatan pemerintah dan memaksimalkan kegiatan usaha swasta dan perseorangan. Dapat disebut juga sayap kanan.

Sedangkan Liberal diartikan seseorang, kelompok, atau partai yang mendorong partisipasi pemerintah yang lebih besar di bidang ekonomi, kepemilikan dan pengaturan usaha. Dapat disebut juga sayap kiri.

Badan Usaha Milik Negara

Segmen bisnis besar dikuasai oleh pemerintah suatu negara yang tidak mengganggap dirinya sendiri sebagai komunis atau sosialis.

Mengapa Perusahaan dinasionalisasi?

  1. menarik uang lebih banyak karena perusahaan dimaksud diperkirakan menyembunyikan laba.
  2. kelanjutan dari alasan pertama, pemerintah yakin mampu menjalankan perusaahn dimaksud dengan lebih efisien dan menghasilkan uang lebih banyak.
  3. Untuk tujuan idiologi, khususnya apabila sayap kiri pemerintah memenagkan pemilihan biasanya mereka menasionalisasi perusahaan.
  4. Untuk memperoleh dukungan suara karena para politisi beranggapan dapat menyelamatkan PHK tenaga kerja.
  5. Karena pemerintah telah menyuntikkan dana ke perusaahan atau industri, dan yang biasanya diikuti oleh pengendalian.

Bila terjadi persaingan dengan BUMN, perusahaan swasta seringkali mengeluh bahwa BUMN memiliki keunggulan tidak wajar. Hal ini disebabkan :

  1. BUMN dapat menurunkan harga secara tidak wajar karena tidak berorientasi mencari laba.
  2. BUMN dapat memperoleh dan/modal lebih murah
  3. BUMN memperoleh kontrak kerja dari pemerintah.
  4. BUMN mendapat kemudahan ekspor.
  5. BUMN menekan upah pekerja dengan bantuan pemerintah.

Privatisasi

Adalah Pemindahan aset sektor publik kepada sektor swasta, pemindahan manajemen kegiatan negara melalui kontrak-kontrak dan leasing, dan mengontrakkan kepada pihak keluar kegiatan-kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan oleh negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: